RSS

Akar Pasak Bumi

16 Aug

Akar Pasak Bumi

Gambar ini adalah akar pasakbumi yang saya dapatkan waktu survey geofisika di Sitobu, Sumatra Utara. Tadinya mu dikasih yang panjangnya mencapai 1 meter sebagai oleh-oleh dari telok (tenaga lokal) disana. Selain ga tahu khasiatnya, ribet juga untuk dibawa pulang ke Bandung. Jadinya, saya cuma bawa sekitar 30 cm-an.

Dari cerita para telok, cara ngambil pasak bumi ini, katanya susah-susah gampang. Kita tidak bisa asal cabut aja dari tanah soalnya pasakbumi ini adalah akar tunggang yang panjang dan menancap ke dalam bumi. Biasanya mereka mengambilnya dengan cara memukul-mukul bagian atas dari akar dengan palu besar agar akarnya semakin menancap ke dalam tanah, kemudian di tarik-tarik lagi keatas. Semakin keras dipukul, akan memudahkan kita menariknya kembali ke permukaan. begitulah seterusnya hingga akar pasak bumi bisa diangkat dari dalam tanah. Cape juga kayanya :D

Dari yang saya baca, pasakbumi atau di Malaysia dikenal dengan nama akar “Tongkat Ali” adalah sejenis tumbuhan khas Indonesia yang memiliki khasiat yang tinggi terutama bagian akarnya yang memiliki keampuhan tinggi. Coba aja baca disini: http://www.kompas.com/kesehatan/news/0404/14/114402.htm

Saya baru tahu khasiatnya sekarang, tahu gitu bawa aja dulu sebanyak-banyaknya :p

Ada yang mau coba? masih ada tuh di rumah. Cukup diiris, terus masukkan ke dalam gelas yang berisi air panas. Diamkan sampai airnya cukup hangat,lalu disaring terus diminum. Rasakan pahitnya :p

About these ads
 
14 Comments

Posted by on August 16, 2007 in Ngacapruk

 

14 responses to “Akar Pasak Bumi

  1. iffata

    September 9, 2007 at 11:46 am

    Namun, bila tikus betina disuntik dengan ekstrak pasakbumi, ia justru ogah melakukan hubungan suami-istri.

    Hehehe … menarik.
    Din … bagi dunk pasak buminya! :D

     
  2. udiens

    September 10, 2007 at 4:57 am

    @ iffa:
    Kayanya kalau buat “betina” ga cocok :D
    Lho, di kampung kamu kan banyak tanaman ini :p

     
  3. rinies

    September 24, 2007 at 11:04 am

    @ udiens: sudah pernah merasakan khasiatnya A..? ;))

     
  4. udiens

    September 24, 2007 at 2:45 pm

    @Ade
    Hmmm… semua ada waktunya. :-)

     
  5. wawa

    September 23, 2008 at 3:26 pm

    oh…bagaimana yach cara meminumnya?????

     
  6. trian

    November 16, 2008 at 2:55 pm

    cara minumnya :

    setelah direbus, taruh dalam wadah (airnya), bisa dalam gelas, atau apapun. masukan dalam mulut, dan telan.

    dianjurkan tidak dalam keadaan panas.

     
  7. moze

    December 23, 2008 at 8:13 am

    well……………
    i’m sorry for before,cause I just want to more know about TANAMAN PASAK BUMI and I want to ask. in Indonesia…..——…….apa nama tanaman yang tumbuh dan berkembang serta merayap di batang atau di pohon?????????????????

    thankssssssssssssssssssssssssssssssssssssss?????

     
  8. Irsan

    January 14, 2010 at 11:44 pm

    Saya juga punya banyak akar itu waktu kerja di HTI sumsel dikasi operator alat berat waktu buka hutan. Stelah beistri skrg baru tau kasiatnya, caramakannya saya sayat akar dengan cutter melawan seratnya sekitar satu sendok teh dimakan setiap hari. Yang saya rasakan : setiap hari maunya ngeseks terus, gairag lelaki selalu timbul setiap detik, kadang saya heran juga dengan akar itu.

     
  9. aly imran

    September 7, 2011 at 5:51 pm

    gimana cara supaya tambah khasiat nya.

     
  10. zinkyu

    September 15, 2011 at 2:16 pm

    mohon info ada yg jual akar pasak bumi dalam jumlah banyak??kalau ada bisa hub saya di email/fb zinkyu_wu@yahoo.com thanks

     
  11. trian

    September 19, 2011 at 8:01 am

    saya gk pnya akar kyak gtu,gk banggga

     
  12. Allan

    November 24, 2011 at 10:52 am

    Air dari rebusan pasak bumi,,ampuuun paiiit betul,,tp emang banyak di t4ku di kaltim,,minum itu bikin ontong ngaceng terus,,klw mw pesan ntar di bawakan 1 Pick up..hehehe,,tp beneran banyak di t4ku.

     
  13. Allan

    November 24, 2011 at 11:01 am

    Banyak manfaat akar pasak bumi,,khan akar x ada segede lengan,,manfaat x untuk mukulin maling,trus mukul beduk,,trus ngelempar mangga tetangga jg bisa,,hikikikik..air akar x paiiiit betul,,khasiat x,,te utu je uju ha,ronde semalam..hehehe,,ontong mengarah ke langit terus,,kayak rudal scoot iraq siap luncur

     
  14. joko siswanto

    October 30, 2012 at 4:10 am

    mosok sihhhhh………………..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: