RSS

(Untaian kata) Bermain dan Permainan

18 May

Sebuah renungan di pagi hari, sambil bermain-main dengan anak yang masih bayi.🙂

Pagi ini sangat tertarik dengan yang namanya bermain. Dulu pernah membuat tulisan tentang permainan,  The Similarity of Playing. Mencoba mengumpulkan kembali untaian-untaian kata yang berhubungan dengan permainan (dan juga bermain). (Apakah mesti dibuat dengan judul the diffrence of playing? Mengapa segala sesuatu mesti di-sama-samakan atau dibeda-bedakan?)

back to the games….  (mulai darimana ya?)

“Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau semata … ” (Q.S Muhammad 47:36)

Masih belum menemukan tafsiran tentang ayat di atas. Coba-coba membuka buku Asbabun Nuzul, kepunyaan saudara.  Belum nemu. setahu saya ada ayat-ayat lain dengan “bunyi” yang senada. tapi saya ga hafal. Mungkin di ayat yang lain, ada tafsirannya pada buku Asbabun-nuzul tadi (ada yang tahu?).

Ada buku lainnya tentang Homo Ludens, karangan Johan Huizinga, yang membahas tentang fungsi dan hakikat permainan dalam Budaya.  Ada satu untaian kata yang sedikit mengelitik saya, pada bagian pengantarnya:

” … agar bacaan buku Homo Ludens ini semoga jangan dilakukan dengan suatu mental rasionalitas instrumen belaka, namun dengan budi serta hati yang merenung yang menghayati yang penuh dengan kepedulian, keprihatinan dan bela rasa. dan semoga dapat kembali mengingatkan kita pada sabda Nabi Isa yang penuh hikmah: “Bila orang tidak mau kembali seperti anak-anak, (spontan, merdeka, tanpa pamrih, tanpa muslihat politik alias berman dalam arti sangat luas), dia tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga

Memerlukan waktu untuk membacanya lagi….😦

Kalau dari bukunya Jalaluddin Rumi, tentang kearifan cinta. Tentang ayat (QS  47:36) di atas: ketika manusia telah dewasa sehingga nalar menjadi sempurna, dia tidak akan bermain-main lagi. Apabila dia melakukannya, tentu secara rahasia dan malu-malu agar tidak seorang pun melihatnya.

terdapat juga pada tulisan tembang  kuno Sunda, pada tembang pupuh Asmarandana :

Darma wawayangan bae
Raga taya pangawasa
….

Kayaknya masih banyak buku lain yang membahas tentang permainan ini.  Nanti searching lagi. Masih banyak peran yang harus dimainkan. Sambil mencari tahu, jenis-jenis permainan buat anak saya kelak.

 
Leave a comment

Posted by on May 18, 2009 in Footnote

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: